15 Tips Ini Dapat Menciptakan Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo

15 Tips Ini Dapat Menciptakan Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo

15 Tips Ini Dapat Menciptakan Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo


Dilansir dari sebuah artikel yang berjudul 15 Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly yang Belum Anda Tahu! Penulis By Rohadi Right.

Banyak blogger yang tahu cara menulis artikel secara lancar dan teratur, tapi tidak banyak yang tahu cara menulis artikel SEO friendly.

Update algoritma Google yang terbaru, artikel website yang berkualitas tidak hanya elok untuk mesin pencari, tapi juga untuk pembaca (human).

Banyak tips-tips perihal cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya sanggup diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Untuk itu saya sajikan artikel 15 cara terampuh menulis artikel SEO friendly yang kemungkinan besar belum Anda tahu!

Silahkan disimak :)

1. Utamakan User Experience

User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama alasannya saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berbuhungan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?

Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak ibarat backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi alasannya diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jikalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini ialah kegiatan dan respon user dikala mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa usang mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin usang dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang beropini bahwa Google sanggup melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai properti mereka ibarat Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword berjulukan John Limbocker yang diulas disini sedikit membuka mata saya soal bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kaprikornus se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO Anda, jikalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar balasannya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience ? Banyak.

Konten yang berkualitas ialah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience contohnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional
  • Navigasi yang mudah
  • Ukuran dan jenis font yang gampang dibaca
  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
  • Kecepatan loading
  • Responsive design
  • dsb.

Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai target utamanya.
 Dilansir dari sebuah artikel yang berjudul  15 Tips Ini Bisa Membuat Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel

Ini wajib dilakukan jikalau Anda ingin lebih gampang bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memilih topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title ialah yang diawal kata. Makin ke kiri (ke awal kata) makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan alasannya menyesuaikan juga dengan keseluruhan title supaya tetap lezat dibaca dan mengundang klik.

Jangan hingga hanya alasannya ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi asing dan susah dibaca.
 Dilansir dari sebuah artikel yang berjudul  15 Tips Ini Bisa Membuat Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo
Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

  • 20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
  • Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
  • Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Familiar dengan title-title postingan membingungkan ibarat diatas ??

Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

Untuk referensi panjang title dan meta description, silahkan cek disini.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik

Seperti tumpuan kasus diatas, kadang ada yang kesulitan dalam menciptakan judul artikel alasannya jikalau dibentuk sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku dikala dibaca. Namun jikalau dibentuk menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak sanggup masuk.

Untuk dilema diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
 Dilansir dari sebuah artikel yang berjudul  15 Tips Ini Bisa Membuat Anda Pandai Menulis Artikel Super Seo
Untuk jumlah abjad dalam judul yang dibentuk untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan abjad besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap lezat dibaca alasannya nantinya pengunjung dari search engine niscaya membaca judul dan deskripsi goresan pena Anda (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul Anda kaku dan tidak lezat dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok jarang yang ngeklik, ini niscaya tulisannya tidak berkualitas”.

Apakah Anda pernah berfikir hingga kesitu ??

Contoh mudahnya ialah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata awut-awutan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

Untuk judul yang dibaca user Anda sanggup berkreasi sesuka hati. Usahakan yang catchy dan tetap menarik klik.

Baca Selanjutnya

Saya sarankan kalian untuk membaca selanjutnya supaya artikel maupun ilmu yang telah kalian sanggup tidak terbuang cuma - cuma.

Mungkin itu saja yang sanggup saya bagikan pada artikel kali ini semoga artikel ini sanggup bermanfaat buat sahabat yang sedang mencari Cara Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly. Salam blogger!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser